Motor.
Sepeda
motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh
sebuah mesin.
Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap
stabil disebabkan oleh gaya giroskopik.
Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor
bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena
harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan
penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat.
Sejarah.
Sepeda
motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional
yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan
pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uapsebagai tenaga penggerak sepeda. Namun usaha tersebut
masih belum berhasil dan kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler, seorang penemu asal Inggris. Butler membuat kendaraan
roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran dalam. Sejak penemuan tersebut,
semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil. Salah satunya
dilakukan olehGottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.
Kedua
penemu tersebut bertemu ketika bekerja bersama di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik,
produsen mesin stasioner terbesar pada tahun 1872. Pemilik
Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto berhasil membua mesin
empat langkah atau yang disebut juga mesin empat tak dan
penemuan tersebut dipatenkan pada tahun 1877. Walaupun mesin empat tak tersebut
masih terlalu sederhana dan kurang efisien, namun mesin tersebut diharapkan
dapat menggantikan mesin uap. Pada tahun 1880, Daimler dan Maybach dipecat dari
perusahaan tersebut dan keduanya mendirikan sebuah bengkel di Suttgart.
Pada tahun 1885, keduanya menciptakan karburator untuk
mencampur bensin dan udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin
empat tak ciptaan Otto. Mereka mengembangkan mesin empat tak tersebut menjadi
silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Sepeda
kayu bermesin tersebut disebut sebagai Reitwagen ("riding
car") dan menjadi sepeda motor pertama di dunia.
Jenis-jenis/Tipe Sepeda Motor.
Sport
Tipe
sport adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan
kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini
relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang, posisi
tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar tekananan angin dari arah
depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda
motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Bodi sepeda motor seperti ini
juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah yang menyebabkan sepeda motor ini
rendah, hal ini dikarenakan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada
kecepatan tinggi di sirkuit. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu:Honda CBR 250, Honda CBR 150, Kawasaki Ninja, dll.
Standard/Naked.
Tipe ini adalah tipe sepeda motor berkopling dan memiliki jarak bodi dari tanah yang tinggi, sepeda motor tipe ini merupakan sepeda motor yang tidak digunakan untuk ajang balap/kecepatan tinggi namun desain bodi dan performa mesin yang lebih bertenaga dan kuat. Tipe sepeda motor ini digunakan dalam keperluan sehari-hari dan dapat dikendarai pada medan berbatu/berkerikil namun tidak off-road secara penuh. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Honda Tiger, Honda MegaPro, Honda Verza 150, Bajaj XCD, Suzuki Thunder, Yamaha SZ-X, Honda CB Trigger, Honda Win, dll.
Cruiser
Tipe
cruiser adalah tipe sepeda motor yang memiliki torsi mesin yang besar dan
mempunyai kemampuan menarik beban besar. Biasanya motor jenis ini identik
dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper.
Posisi tangan pengendara lebih tinggi daripada posisi duduk dan posisi kaki
yang selonjor ke depan. Contoh sepeda motor ini adalah produk pabrikan Harley
Davidson dan Bajaj Avenger.
Trail/Off-Road
Tipe
trail adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat/Off Road.
Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Sepeda Motor jenis ini mempunyai ciri
kontur ban kasar, menyerupai pacul/bergerigi kotak-kotak. Motor jenis ini
mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dari tanah relatif tinggi.
Sepeda Motor jenis ini tidak mengejar top speed, namun akselerasi. Sepeda Motor
jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada motor lain karena
penggunaannya di medan berat. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Suzuki DR Z400S
dual sport 400 cc, Kawasaki KLX 150, Honda CRF450X, dll
"Bebek”
Tipe
ini adalah tipe sepeda motor manual tanpa kopling yang memiliki Kapasitas
Silinder (CC) kecil. Tipe sepeda motor ini yaitu model bodi yang bercorak dari
jok pengendara ke bawah kemudian naik ke stang kemudi. Posisi pengendara untuk
sepeda motor ini tegak. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Honda Supra X
125, Honda Revo, Honda Blade, Honda Astrea,Yamaha Jupiter, Honda Sonic 150R dll
Skuter Matik
Tipe
ini adalah tipe sepeda motor otomatis yang tidak menggunakan operan gigi manual
dan hanya cukup dengan satu akselerasi, sepeda motor ini memiliki kapasitas
silinder (CC) kecil dan posisi pengemudi yang tegak, ukuran sepeda motor ini
lebih kecil dan ringan daripada tipe bebek. Sepeda motor ini memiliki ruang
kosong di antara kemudi dan pengendara yang memungkinkan untuk kaki bisa
diletakan di tempat tersebut. Sepeda motor ini sangat cocok untuk wanita dan
ini digunakan untuk keperluan dalam kota/wilayah. Sepeda motor tipe ini
memiliki dimensi ukuran ban dan roda yang cukup kecil. Contoh sepeda motor tipe
ini yaitu: Honda Beat, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Spacy Helm-in, Vespa Piaggio,Yamaha Mio, dll.
Sepeda motor berbahan bakar fleksibel.
Kendaraan
bahan bakar fleksibel atau kendaraan bahan bakar ganda adalah kendaraan bahan
bakar alternatif dengan mesin pembakaran dalamnya yang didesain bisa
menggunakan lebih dari 1 jenis bahan bakar, biasanya adalah bensin yang
dicampur dengan etanol ataupun metanol. Mesin-mesin berbahan bakar fleksibel
modern dapat menggunakan bahan bakar dengan campuran berapa saja di dalam ruang
bakarnya karena injeksi dan waktu percikannya sudah diatur otomatis oleh sensor
elektronik. Kendaraan bahan bakar fleksibel berbeda dengan kendaraan bi-bahan
bakar, dimana kedua bensin disimpan di kedua tangki yang berbeda dan mesinnya
hanya membakar satu tipe bahan bakar saja pada saat bekerja, misalnya CNG,
Elpiji, atau hidrogen.
Model
dari kendaraan bahan bakar fleksibel yang paling banyak di dunia adalah
kendaraan bahan bakar etanol, dengan 25,1 juta mobil, motor, dan truk ringan
yang terjual di seluruh dunia sampai Juni 2011, dan terkonsentrasi di 4 negara,
Brasil (14,3 juta), Amerika Serikat (10 juta), Kanada (lebih dari 600.000), dan
Eropa, yang dipimpin oleh Swedia (226,089). Kendaraan bahan bakar fleksibel di
Brasil termasuk dengan 1 juta unit motor yang diproduksi di negara itu sejak
tahun 2009.
Inovasi
lain dari teknologi bahan bakar fleksibel di Brasil adalah pengembangan sepeda
motor berbahan bakar fleksibel. Motor berbahan bakar fleksibel ini
diperkenalkan pertama kali oleh Honda pada bulan Maret 2009. Diproduksi oleh
divisi Honda di Brasil yaitu Moto Honda da Amazônia, motor CG 150 Titan Mix
dijual dengan harga kira-kira 2.700 dolar AS. Untuk menghindari masalah
pengontakan mesin di musim dingin, tangki bensin motor ini minimal harus diisi
20% bensin ketika suhu turun di bawah 15 °C (59 °F). Pada bulan
September 2009, Honda mengembangkan sepeda motor berbahan bakar fleksibel
keduanya yaitu Honda NXR 150 Bros Mix. Sampai bulan Desember 2010, penjualan
kedua motor berbahan bakar fleksibel Honda ini telah mencapai 515.726 unit,
dengan pangsa pasar sebesar 18.1% pada tahun 2010.
Sepeda motor listrik.
Sepeda
motor listri adalah kendaraan tanpa bahan
bakar minyak yang
digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan
kelangkaan BBM maka kini
produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di
dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah
tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.
Pihak
Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan
STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak
diperlukannya BPKB.
Secara
umum sumber tenaga sebuah sepeda motor hibrida adalah akumulator, tapi perkembangan dalam sel bahan bakarmenyebabkan terciptanya beberapa prototipe
menggunakannya. Beberapa contoh misalnya ENV dari
Intelligent Energy memanfaatkan proses Fuel Cell hidrogen,
pada Honda teknologi
ini diberi nama Honda FC Stack, dan FC-AQEL padaYamaha. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan
bakar yang sedang dikembangkan. Contoh jenis ini misalnya adalah Ecycle, dan Gen-RYU dari Yamaha.
Dan
kini banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai
sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini.
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
BalasHapusPromo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^