Mobil.
Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh
tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan
bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil
kependekan dari otomobilyang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak).
Sejarah.
Kendaraan
pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan
berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak
diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau
tidak.
Tahun
1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia.
Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.
Kendaraan
tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan
sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal,
dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali
dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick
William Lanchester yang juga
mematenkanrem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber
tenaga di Amerika Serikat.
Kepopuleran.
Penemuan
Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Perancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard
Trevithickmenjalankan gerobak-uap pada tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun
penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi
multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang
ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin
dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan
mobil karena tempat parkir yang
jarang dan harga bahan bakar yang
mahal.
Inovasi.
Paten mobil
pertama di Amerika Serikat diberikan
kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans
mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tetapi
juga merupakan kendaraan amfibi pertama,
yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan
di air menggunakan roda padel.
Umumnya
mobil pertama mesin
pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh
penemu Jerman yang
bekerja secara terpisah. Karl Benz pada
3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan
paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan
industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada
1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan
mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada1910-an.
Garis-produksi skala
besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Fordpada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat,
disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya
bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan
utama termasuk penyalaan elektronik
dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada
tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada
tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan,
walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke
orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan
kembali oleh Andre Citroëndalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun
sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di
dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah
1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling
bergabung dan matang. Sejak1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang.
Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya.
Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah
untuk produksi massal dan
cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan.
Kecelakaan mobil hampir
sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak
mobil tenaga-uapnya "Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City.
Setiap
tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam
lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab
utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak
perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan
pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama
bertahun-tahun.
Mobil
memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali
berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati
setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset
awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan
bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 diFord
Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada
penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan
manusia pada ruang penumpang.
Ada
tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga
tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun
peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi,
di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh
sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat
di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan
cacat.
Industri.
Industri
otomotif mendesain, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual kendaraan
bermotor diseluruh dunia. Pada tahun 2008, lebih dari 70 juta
kendaraan bermotor, termasuk mobil dan kendaraan komersial yang
diproduksi di dunia.
Pada
tahun 2007, secara keseluruhan ada 71,9 juta unit mobil baru yang terjual di
seluruh dunia: 22,4 juta unit di Eropa; 21,4 juta unit di Asia; 19,4 juta unit
di Amerika Serikat dan Kanada; 4,4 juta unit di kawasan Amerika Latin; 2,4 juta
unit di Timur Tengah, dan 1,4 juta unit di Afrika. Pasar
di kawasan Amerika Utara dan Jepang sudah stagnan, sedangkan di Amerika Selatan
dan beberapa negara Asia tumbuh pesat.
Ada
sekitar 250 juta mobil yang ada di Amerika Serikat saat ini. Di seluruh dunia,
diperkirakan ada 806 juta unit mobil dan truk ringan pada tahun 2007; membakar
lebih dari 260 miliar galon AS (1 galon= 3,8 liter) bahan bakar setiap
tahunnya. Jumlah ini terus meningkat dengan cepat, terutama di China dan India.
Beberapa opini mengatakan bahwa sistem transportasi urban yang didasarkan pada
mobil akan menghabiskan energi dalam jumlah berlebihan, meningkatkan risiko
penyakit, dan pengurangan layanan walaupun investasi dinaikkan.Gerakan transportasi
yang berkelanjutan memfokuskan
diri untuk menyelesaikan masalah ini.
Pada
tahun 2008, dengan naiknya harga minyak yang sangat cepat, industri otomotif
merasakan kombinasi naiknya harga bahan baku kendaraan dan berubahnya sifat
masyarakat dalam memilih kendaraan. Industri otomotif di beberapa negara juga
semakin berkompetisi dengan kendaraan umum karena para konsumen semakin
mempertimbangkan penggunaan kendaraan mereka Sekitar setengah
dari 51 pabrik kendaraan ringan di Amerika Serikat diperkirakan akan ditutup
permanen pada beberapa tahun ke depan, dengan sekitar 200.000 pekerjaan
menghilang. Sedangkan,
pasar China saat ini menjadi produsen dan pasar mobil terbesar di dunia.
Penjualan mobil China pada tahun 2009 mencapai 13,6 juta unit, naik drastis
dari 1 juta unit pada tahun 2000.
Kendaraan bahan bakar fleksibel.
Kendaraan
bahan bakar fleksibel atau kendaraan bahan bakar ganda adalah kendaraan bahan
bakar alternatif dengan mesin pembakaran dalamnya yang didesain bisa
menggunakan lebih dari 1 jenis bahan bakar, biasanya adalah bensin yang
dicampur dengan etanol ataupun metanol. Mesin-mesin berbahan bakar fleksibel
modern dapat menggunakan bahan bakar dengan campuran berapa saja di dalam ruang
bakarnya karena injeksi dan waktu percikannya sudah diatur otomatis oleh sensor
elektronik. Kendaraan bahan bakar fleksibel berbeda dengan kendaraan bi-bahan
bakar, dimana kedua bensin disimpan di kedua tangki yang berbeda dan mesinnya
hanya membakar satu tipe bahan bakar saja pada saat bekerja, misalnya CNG, Elpiji,
atau hidrogen.
Kendaraan bahan bakar alternative.
Kendaraan
bahan bakar alternatif adalah kendaraan yang dapat beroperasi menggunakan bahan
bakar selain bahan bakar minyak "tradisional" (bensin atau diesel);
dan juga merujuk untuk segala macam teknologi mesin kendaraan yang tidak
beroperasi dengan bensin, contohnya mobil elektrik, kendaraan elektrik hibrida
atau kendaraan energi surya. Karena kombinasi beberapa faktor, misalnya
kepedulian lingkungan, tingginya harga minyak, adapnya pengembangan bahan bakar
alternatif yang lebih ramah lingkungan, maka pengembangan kendaraan bahan bakar
alternatif telah menjadi prioritas utama bagi pemerintah dan produsen otomotif
di banyak negara di dunia.
Kendaraan
elektrik hibrida seperti Toyota Prius sebenarnya bukanlah kendaraan bahan bakar
alternatif, tetapi karena teknologi yang canggih pada baterai elektriknya, maka
mobil ini dapat menggunakan bahan bakar dengan sangat efisisen. Usaha
penelitian dan pengembangan energi alterantif lainnya berfokus pada kendaraan
elektrik baterai dan kendaraan sel bahan bakar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar